Program keahlian
SMKN2 Tangerang Selatan

Apa saja sih Program Keahlian di SMKN2 Tangerang Selatan

Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)
Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) merupakan salah satu program keahlian dalam kelompok bisnis dan manajemen yang bertujuan untuk mempelajari pencatatan dan penyusunan laporan keuangan secara manual maupun menggunakan sistem komputerisasi untuk diterapkan terhadap suatu perusahaan baik itu jasa, dagang, maupun manufaktur. Tamatan atau lulusan Kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga ini memiliki bidang pekerjaan yang dapat dilakukan seperti Pegawai Negeri Sipil, Staff Keuangan Perusahaan, Staff Akunting Perusahaan (book keeper), Staff Kantor Akuntan Publik.

Multimedia
Multimedia pada kurikulum K-13 adalah kompetensi keahlian di SMK yang termasuk dalam rumpun bidang keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Namun, seiring berkembangnya industri kreatif saat ini multimedia pun berubah menjadi Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif dengan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual atau DKV. Kurikulum baru ini mulai diterapkan pada tahun 2021 dimulai dari kelas X di tahun pelajaran 2021/2022.

Dengan perubahan ini mutimedia menjadi ilmu yang akan fokus mempelajari tentang Desain Komunikasi (DKV) yaitu ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku) dimana dalam proses pembelajarannya akan menggunakan aplikasi-aplikasi komputer desain.

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) merupakan kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan pada kendaraan ringan mobil dan sepeda motor. Dalam TKRO ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif antara lain : Teknisi atau Mekanik pada Bengkel ATPM atau Bengkel Umum, Teknisi perakitan atau teknisi produksi pada industri kendaraan ringan (Mobil) Wirausahawan dalam bidang Otomotif dan lain-lain.

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor. Mampu mengelola usaha mandiri di bidang perbengkelan kendaraan sepeda motor. Peluang kerja dari TBSM apa sih? Peluang Kerja yang ada berupa bekerja di Perusahaan berskala Internasional, bekerja sebagai mekanik sepeda motor, staff Teknik Perusahaan Sepeda Motor, Berwirausaha bengkel sepeda motor dan banyak lagi.

Teknik Elektronika Industri
Program Jurusan Elektronika Industri mendidik siswa agar mempunyai kemampuan / keterampilan kepada anak didik pada bidang sistem kontrol dan maintenance peralatan industri berbasis “electrical control” dan “micro processor”. Dengan dibekali pengetahuan dan keterampilan elektronika umum, mikrokontroller dan mikroprocessor, pneumatic dan PLC, programming berbasis komputer yang erat kaitannya dengan proses produksi di Industri.

Dalam pembelajaran Elektronika Industri mempelajari cara membuat aplikasi-aplikasi rangkaian, seperti: mendesain dan merakit Rangkaian elektronika sederhana dan terprogram, menerapkan berbagai macam aplikasi pemakaian sensor, Aktuator serta mempraktekan komunikasi data dan interface. Sehingga memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di semua sektor industri manufacture, Maintenance Peralatan industri, maupun peluang membuka usaha secara mandiri.